Susah Tidur pada Malam Hari? Ini 5 Cara Mengatasi Insomnia


Hampir setiap orang mungkin pernah merasakan susah tidur pada malam hari atau insomnia. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kondisi tubuh lemas, pusing, stress, konsentrasi menghilang, produktivitas menurun dan lainnya. Ketika sudah terjadi insomnia kronis, maka dampaknya terkena penyakit diabetes hingga tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi insomnia sedini mungkin.

Menurut penelitian, biasanya insomnia terjadi pada wanita yang mengalami depresi atau berusia di atas 60 tahun. Apabila Anda mengalami sulit tidur pada malam hari, berikut ini merupakan 5 cara mengatasi insomnia yang dapat Anda lakukan, di antaranya yaitu:

1. Waktu Bangun dan Tidur yang Teratur

Untuk mengatasi insomnia, Anda harus membuat jadwal bangun dan tidur yang teratur. Meskipun sederhana, namun hal tersebut dapat mencegah komplikasi insomnia. Hindari tidur siang berlebihan karena hal tersebut dapat menyulitkan Anda untuk tidur di malam hari.

2. Buat Tempat Tidur Nyaman

Sebagai pencegahan insomnia Anda harus membuat tempat tidur senyaman mungkin, karena hal tersebut mendorong Anda untuk tidur nyenyak. Selain itu, Anda bisa menjauhkan tempat tidur dari perangkat elektronik seperti laptop, radio, TV, smartphone dan lainnya. Pastikan Anda tidak menggunakan perangkat elektronik tersebut ketika hendak tidur.

3. Makan Malam Lebih Awal

Cara mengatasi insomnia selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan lebih awal, sehingga Anda bisa merasakan rasa kantuk lebih cepat pada malam hari. Jangan menunggu lapar hingga larut malam, karena tidak baik bagi kesehatan tubuh serta menjadi penyebab insomnia.

Ada baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan sekitar 3-4 jam sebelum tidur. Hindari langsung tidur setelah makan karena dapat menyebabkan berat badan berlebih dan diabetes. Selain itu, jangan minum berlebihan pada saat malam hari karena dapat memenuhkan kandung kemih serta mengganggu tidur Anda lantaran sering ke kamar mandi.

4. Jangan Mengkonsumsi Kafein atau Alkohol 

Minuman berkafein yang terdapat pada teh maupun kopi dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Oleh sebab itu hindari konsumsi minuman berkafein ketika ingin tidur pada malam hari. Selain itu, dampak yang akan kamu dapatkan yaitu istirahat tidak berkualitas, sering terbangun sehingga merangsang efek diuretik.

Adapun alkohol memang dapat membuat Anda tidur lebih cepat, namun waktu istirahat yang Anda dapatkan tidak baik dan dapat menyebabkan rasa lelah keesokan harinya. Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan kegelisahan.

5. Hindari Beban Pikiran

Terkadang beban pikiran yang menumpuk dapat mengganggu waktu tidur seseorang. Jika Anda sibuk dengan pekerjaan di kantor dan memiliki banyak pikiran, Anda tak perlu khawatir, Anda dapat merilekskan diri dengan membuang semua beban pikiran lalu fokus untuk. Anda bisa melakukan beberapa relaksasi yang dapat menghilangkan stres, seperti mandi air hangat, atau memikirkan hal yang menyenangkan.

Itulah 5 cara mengatasi insomnia atau susah tidur di malam hari yang dapat Anda lakukan. Cara tersebut tentunya sangat mudah dilakukan. Namun, jika Anda sudah melakukan berbagai cara pencegahan insomnia, namun tidak pernah sembuh Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter di RS Premier Bintaro untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan lebih lanjut.

Jika Anda membutuhkan beragam informasi seputar kesehatan lainnya, Anda dapat mengunjungi website atau aplikasi halodoc. Website atau aplikasi tersebut tentunya sangat bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai kesehatan, mulai dari mengetahui beragam penyakit, pencegahan hingga tips menjaga kesehatan. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan fitur website atau aplikasi halodoc seperti tanya dokter, mencari rumah sakit dan mendapatkan obat yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Susah Tidur pada Malam Hari? Ini 5 Cara Mengatasi Insomnia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel