Tips Dari SehatQ.com Untuk Menjaga Kesehatan Mata


Sebagian dari kita sering lupa untuk menjaga kesehatan mata. Indra penglihatan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dengan memiliki mata yang sehat, kita akan lebih nyaman ketika melihat sesuatu yang tampak jelas. Kita tentu tidak ingin memiliki penyakit mata yang mengakibatkan pandangan menjadi kurang jelas atau bahkan kebutaan.

Untuk menjaga kesehatan mata harus diterapkan sejak dini. Tak heran jika banyak orangtua yang khawatir ketika anaknya terlalu lama bermain smartphone. Gangguan mata bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya penggunaan smartphone yang berlebih. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat di samping terus bertambahnya usia yang mengakibatkan kesehatan menurun ?

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Memiliki Pandangan yang Jelas

Pengetahuan mengenai menjaga kesehatan mata perlu diketahui oleh siapapun. Tidak hanya mereka yang bekerja kantoran yang setiap hari menghadap layar komputer. Beberapa cara ini bisa dilakukan agar kesehatan mata terjaga dari SehatQ.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Kesehatan mata bisa dijaga dengan asupan makanan yang bergizi. Pemilihan makanan berpengaruh kepada kesehatan mata dalam jangka panjang. Makanan-makanan yang mengandung vitamin C dan E kemudian omega-3, lutein hingga zinc baik untuk mencegah degenerasi makula hingga katarak.

Sayuran hijau seperti bayam, ikan salmon, tuna, kacang-kacangan hingga buah jeruk ataupun lemon bisa dikonsumsi secara rutin. Makanan tersebut mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

2. Gunakan Kosmetik Sesuai Aturan

Bagi kaum wanita, kosmetik sudah menjadi kebutuhan yang selalu ada. Penggunaan kosmetik memang bagus untuk mempercantik wajah. Namun dalam penggunaannya harus sesuai dengan aturan dan pastikan masih layak dipakai. Dalam pemakaiannya juga tidak bisa sembarangan, seperti tidak menggunakan maskara yang sudah kering pada bulu mata. Hindari mewarnai bulu mata karena bisa mengakibatkan infeksi, dan selalu menyimpan kosmetik di tempat sejuk.

3. Berikan Pelindung Mata Dalam Kondisi Tertentu

Kacamata menjadi pelindung mata yang paling umum digunakan. Selain untuk kebutuhan penampilan, kacamata juga akan melindungi mata dari sinar ultraviolet yang ada pada cahaya matahari. Tidak hanya itu, beberapa pekerjaan juga membutuhkan pelindung mata seperti pekerja di bengkel las. Kesehatan mata akan tetap terjaga dengan penggunaan kacamata ini.

4. Atur Jarak Mata dengan Layar

Sudah menjadi hal yang lumrah jika pekerja kantoran lebih rentan mengalami masalah kesehatan mata. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk melihat layar komputer maupun smartphone. Kebiasaan itu bisa membuat pandangan mata menjadi kabur, iritasi hingga mata kering. Istirahatkan mata dari pandangan ke arah layar setiap 20 menit sekali, alihkan pandangan ke arah lain sejauh 6 meter selama 20 detik.

5. Atur Pencahayaan Ruangan

Saat bekerja di depan layar komputer, pastikan pencahayaan di ruangan sesuai. Cahaya sebaiknya seimbang antara cahaya dari layar dan lampu ruangan agar mata tidak cepat lelah. Jika cahaya terlalu rendah atau terang, bisa mengakibatkan mata menjadi tegang. Ini juga bisa diterapkan ketika Anda bermain smartphone ataupun membaca buku.

6. Cek Kesehatan Mata Berkala

Jika Anda menjalani pekerjaan yang dianggap rawan untuk kesehatan mata, lakukan pengecekan kesehatan mata secara berkala. Datang ke dokter khusus mata untuk menanyakan apakah mata Anda mengalami masalah atau tidak. Nantinya, Anda mungkin akan diberi saran ataupun vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Untuk mendapatkan vitamin yang bagus, Anda bisa membelinya melalui aplikasi SehatQ.

Bukan hal yang sulit sebenarnya untuk menjaga kesehatan mata. Cara-cara diatas bisa dipraktekan dengan mudah dan efektif. Mulai sekarang, coba untuk lebih sayang terhadap mata Anda dengan tidak melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan penyakit mata.

Belum ada Komentar untuk "Tips Dari SehatQ.com Untuk Menjaga Kesehatan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel