Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Perlengkapan Wajib saat Pergi Camping

Perlengkapan Wajib saat Pergi Camping

Liburan nanti, anda mau pergi ke mana? Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan menakjubkan. Mulai dari destinasi wisata pantai hingga pegunungan bisa anda kunjungi. Jika anda ingin menghilangkan stres, camping bisa menjadi rekomendasi liburan anda. Tidak hanya bisa dilakukan bersama teman, aktivitas ini juga bisa anda lakoni bersama keluarga. Lalu, apa sajakah perlengkapan yang mesti dibawa? Nah, berikut ini adalah perlengkapan wajib yang mesti ada ketika camping.

1. Tenda

Perlengkapan wajib yang mesti dibawa camping tentunya adalah tenda. Tidak ada tenda, bukan camping itu namanya. Bawalah tenda dengan ukuran ergonomis, artinya kompak dan nyaman. Jika anda belum memiliki tenda, maka belilah di toko yang menyediakannya. Anda juga bisa mengunjungi toko online untuk mendapatkan tenda dari berbagai model dan merek.

2. Camilan dan minuman

Jangan lupa bawa camilan ketika hendak camping. Camilan sangat berguna untuk mengisi perut anda agar tidak kosong. Tidak hanya makanan penambah tenaga yang perlu dibawa, minuman pun harus ada. Tidak perlu membawa banyak minuman. Setidaknya anda bawa satu botol air ukuran sedang. Jika habis, anda bisa mengambil air dari mata air terdekat.

3. Alat P3K

Anda tidak tahu apa yang tiba-tiba akan terjadi dalam perjalanan camping. Anda bisa saja tersandung, terpeleset, demam, flu dan lain sebagainya. Agar tidak mengganggu liburan, sudah sewajarnya untuk mempersiapkan alat P3K. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak terasa sakit, menyembuhkan luka dan mengurangi risiko cedera para. Dan aktivitas camping pun tidak terhambat.

4. Alat masak praktis

Selain makanan yang praktis dimakan dan diolah, anda juga membutuhkan alat masak yang praktis dibawa. Pilihlah alat masak yang tidak berat, misalnya kompor spirtus dan spatula mini. Saat camping, anda hanya butuh makanan untuk mengisi tenaga. Sehingga makanan yang diolah pun harus yang cepat dan praktis namun sehat.

5. Pisau lipat

Pisau tidak hanya bisa digunakan untuk memotong bahan makanan. Ketika camping, pisau sangat diperlukan. Pilihlah pisau lipat serbaguna ketika camping karena praktis. Alat tsatu ini bisa digunakan untuk memotong, mencongkel dan lain sebagainya dalam perjalanan.

6. Senter

Camping itu tidak dilakukan hanya dalam waktu sehari kemudian pulang. Anda akan bermalam. Oleh karena itulah anda sangat membutuhkan tenda untuk berteduh dan berlindung dari panas dan hujan. Ketika malam tiba, di sinilah senter memiliki peranan besar. Maka anda tidak boleh lupa membawa senter ketika hendak camping.

7. Jas hujan dan jaket

Cuaca di pegunungan itu tidak dapat diprediksi. Meskipun cuaca tampak cerah, suatu saat bisa mendung dan hujan. Maka untukmengantisipasi ini anda harus membawa jas hujan. Selain jas hujan, anda juga harus membawa jaket agar tidak kedinginan saat camping.

8. GPS dan Kompas

GPS dan kompas adalah dua alat yang memiliki peranan yang besar bagi para pendaki. Kedua alat ini akan membantu anda menentukan arah dan lokasi. GPS dan kompas akan menjadi alat navigasi anda. Jika tidak memilikinya, anda bisa memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang kini banyak dimiliki smartphone.

9. Baju ganti

Ini adalah perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Bawalah baju ganti, sebaiknya baju anda memiliki warna mencolok. Ini ditujukan agar ketika anda tersesat, maka teman-teman bisa mudah mencari keberadaan anda. Bawalah baju ganti yang menyerap keringat dan tidak mudah robek.

10. Tas dan Alas Kaki

Bawalah tas yang dirancang khusus untuk aktivitas pendakian atau camping. Selain itu, jangan lupa menggunakan sepatu atau sandal gunung.

Itulah 10 perlengkapan wajib yang mesti anda bawa ketika mau camping. Dengan menyiapkannya dengan baik, maka perjalanan anda pun akan nyaman dan terhindar dari hambatan yang rumit.

Posting Komentar untuk "10 Perlengkapan Wajib saat Pergi Camping"