Timnas Indonesia vs Vietnam: Asnawi Mangkualam Absen, Erick Thohir Soroti Stok Pemain Tipis

0

 


Asnawi Mangkualam dipastikan absen pada laga timnas Indonesia vs Vietnam dalam lanjutan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Maret 2024. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan sang pemain terkena akumulasi kartu kuning sehingga tak bisa diturunkan.


Fullback asal klub Port FC itu diganjar kartu kuning saat timnas Indonesia kalah dari Irak 1-5 dan bermain imbang 1-1 melawan Filipina. Selain Asnawi, Shayne Pattynama juga tak dipanggil untuk periode pertandingan kali ini karena mengalami cedera.



Erick telah bertemu dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk membahas persiapan menghadapi Vietnam. Mantan presiden klub Liga Italia, Inter Milan, ini mengatakan perlu ada strategi untuk mengantisipasi kurangnya tim karena stok pemain timnas yang masih tipis. Menurut dia, setidaknya PSSI memiliki 150 pemain dengan level yang sama.



"Itu yang selalu saya bilang berulang kali kenapa kita butuh 150 pemain, itu sama. Di timnas senior pun ketika misalnya Shayne (Pattynama) atau Asnawi (Mangkualam) tidak bermain, pelapisnya tipis," ujar dia saat ditemui di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret 2024.


"Jadi, itu yang saya bilang, di level senior pun kita harus punya 24 pemain yang standarnya sama. Ketika kalau ada pemain yang terkena kartu, cedera, kita bisa punya pemain pengganti yang kualitasnya sama," kata Erick menambahkan.



Erick kemudian mencontohkan stok pemain tengah timnas Indonesia yang sekarang hanya diisi empat pemain dengan level setara, yakni Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya.


Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengatakan, saat ini pihaknya fokus untuk menambah jumlah pemain dan salah satu caranya adalah mencari pemain diaspora atau naturalisasi yang berdarah Indonesia.


"Jangan terkotomi, 'Oh ini diaspora, lahir di sini,' sudah lah. Perdebatan itu sudah lewat. Siapa yang mau membawa Merah-Putih, itu yang kami dorong, dan siapa yang mau menjadi yang terbaik," ucap  Erick.


Dalam laga kontra Vietnam, timnas Indonesia akan diperkuat 10 pemain naturalisasi, termasuk beberapa nama baru seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen. Tak hanya di level senior, timnas U-20 juga memiliki pemain diaspora, seperti Welber Jardim dan Dillan Yabran.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)